Menghindari Julukan Buruk

Expose, Tips
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan orangtua saat anak menjadi korban "julukan":
§ Lihat bagaimana reaksi anak mendapat nama julukan tadi. Tersinggung, biasa saja, atau justru senang. Masing-masing reaksi membutuhkan penanganan tersendiri.
§ Jika anak merasa terganggu, cobalah berikan solusi dengan berperilaku cuek. Respons berlebihan seperti marah kadang membuat orang semakin senang untuk meledek. Dengan berperilaku cuek, si peledek akan bosan sendiri dan menghentikan ledekannya.
§ Coba ajari dia agar bersikap asertif dengan meminta anak mengungkapkan perasaan ketersinggungannya misal, "Aku enggak suka kalau kamu memanggil aku Si Gajah!"
§ Tanamkan agar anak tidak meledek anak lain. Siapa tahu di diledek karena dia sendiri senang meledek orang lain. Bila ia tidak bersedia diledek, minta ia untuk menghindari kebiasaan itu juga.
§ Jadilah teladan yang baik. Jangan memberi nama "baru" pada tetangga. Contoh Pak Darsin dibilang Pak Kentung karena perutnya yang buncit.
§ Jika anak mawrah pada julukan itu, maka hal itu menjadikan bahan tertawaan anak-anak lain. Dan julukan itu terus melekat sepanjang hidupnya.
§
Pemesanan sewa mobil meningkat pada musim liburan sekolah (Juni-Juli).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar