Kebijakan China Pukul Ayam Amerika



Expose, Berita - China bakal melarang impor ayam asal Amerika Serikat dalam beberapa hari mendatang. Langkah Negeri Tirai Bambu itu akan menjadi pukulan bagi industri ayam Paman Sam dan meningkatkan ketegangan antara dua negara.

James H Sumner, presiden Dewan Ekspor Unggas dan Telur yang berbasis di Georgia, mengaku telah menerima laporan bahwa AS tidak akan menerima izin dari Kementerian Perdagangan China.

Sumner telah menyampaikan hal ini kepada Kedutaan Besar AS di Beijing dan tengah mencari tahu mengenai persoalan ini. Demikian seperti dikutip dari Wall Street Journal, Rabu (1/7/2009).

Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah China. Departemen Pertanian AS dan Kedubes China di Washington pun enggan berkomentar.

Larangan ini tentu menjadi tamparan keras bagi industri ayam AS, yang kini tengah berjuang dengan tingginya harga pakan dan tekanan harga akibat kelebihan pasokan ayam.

Tahun lalu China melampaui Rusia sebagai tujuan pengiriman ayam-ayam AS. Dengan larangan tersebut, eksportir ayam AS berpotensi kehilangan USD370 juta dalam enam bulan mendatang, jika China tidak memulai lagi impor komoditas itu.

Sementara itu, juru bicara Tyson Foods Inc, perusahaan eksportir besar ke China, mengatakan perusahaannya belum menerima adanya konfirmasi resmi mengenai hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar