Belanja Minimarket Tak Bisa Ngutang

Sabtu, 12 Februari 2011 - 6:15 WIB
|
More

JAKARTA (Pos Kota) – Tak hanya supermarket atau mall yang merugikan pedagang tradisional ataupun pedagang kecil, menjamurnya sejumlah mini market ilegal di DKI Jakarta juga membuat para pedagang kecil merugi.

Sejumlah artis seperti Yenny Anggraeni, Aida Saskia serta Maya KDI juga sangat menyayangkan pemerintah yang mendiamkan menjamurnya mini market ilegal tersebut.

“Seharusnya mini market itu harus legal karena kalau nggak legal itu sangat merugikan buat pedagang kecil dan juga pemerintah itu sendiri karena tidak adanya pajak pemasukan,”tutur Yenny Anggraeni, pada Pos Kota, kemarin.

Personel 3 Macan ini juga mengatakan ada segi positifnya juga jika mini market banyak dijumpai di lingkungan warga sekitar. “Memang mini market juga banyak ngebantu ya, karena letaknya dekat dari rumah, bahkan bisa diantar juga, tapi ingat keberadaannya juga harus dibatasi oleh pemerintah sehingga tidak merugikan pedagang kecil lainnya,”tambah pelantun Mahluk Tuhan Paling Seksi ini.

Artis bertubuh seksi ini juga berharap pemerintah harus bertindak tegas terhadap mini market ilegal tersebut. “Kalau ada yang ilegal pemerintah juga harus menindak tegas sesuai hukum yang berlaku, karena hal itu kalau didiamkan sangat merugikan bangsa ini,”tegasnya.

Hal senada juga dikatakan penyanyi sekaligus bintang film Aida Saskia perihal menjamurnya mini market ilegal. “Aku turut prihatin si dengan maraknya mini market liar, karena hal itu pasti banget merugikan para pedagang kecil,”ucap Aida Saskia.

Pelantun Ayam Jago ini juga mengatakan dengan adanya mini market liar, secara otomatis penghasilan pedagang kecil berkurang dan sepi karena orang banyak memilih berbelanja ke mini market ketimbang ke toko atau warung sembako kecil.

“Mini market itu lebih komplit dan harganya lebih murah dibandingkan warung kecil, tapi kalau keberadaannya nggak resmi, seharusnya segera dilakukan penindakan secara tegas oleh pemerintah,”tandas bintang film Pelukan Janda Hantu Gerondong.

Penyanyi dangdut Mayasari Tanjung atau yang lebih dikenal dengan Maya ‘KDI’ menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan cuek dengan makin menjamurnya minimarket di berbagai daerah.

“Pemerintah harus bisa lebih bersikap tegas terutama terhadap minimarket-minimarket ‘liar’,” papar maya. “Kasihan pedagang-pedagang kecil yang menggantungkan hidupnya dari hasil dagangan mereka. Minimarket bikin pedagang kecil jadi tergusur.”

Maya juga merasa dengan berbelanja di pedagang kecil banyak untungnya. “Harga di pedagang tradisional lebih murah. Lagian kalau di minimarket kan enggak bisa hutang, tapi di pedagang tradisional masih bisa hutang,” ucap Maya sambil tertawa. (mia/embun/rf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar